INFO
  •  Selamat datang di Website Dinas Pemuda Olahraga dan pariwisata Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara 
  •  Terima kasih telah mengunjungi website kami 

Objek Wisata

1. Wisata Alam

Gunung Putih

Objek wisata Gunung Putih terletak di Kecamatan Tanjung Palas. Daya tarik  objek wisata ini yaitu gunungnya yang terdiri dari gunung kapur yang berwarna putih (sehingga dinamakan Gunung Putih) yang indah dengan relief-relief yang alami bak pahatan seorang seniman. Selain menikmati pemandangannya yang mengagumkan, kita juga dapat menaiki puncak gunung mengikuti anak tangga yang tersedia. Setelah sampai dipuncak gunung, kita akan menikmati pemandangan alam yang eksotis serta melihat indahnya Kota Tanjung Selor dan Tanjung Palas. Pada sisi gunung ini terdapat sebuah gua yang merupakan tempat persembunyian Sultan Bulungan dari kejaran TNI. 

Naik Apa?

Untuk menuju objek wisata Gunung Putih ini kita dapat menggunakan transportasi darat dan air. Melalui jalan darat dari Tanjung Selor, kita dapat menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4 dengan jarak tempuh + 30 menit. Sedangkan Melalui jalur air/sungai, kita dapat menggunakan tambangan (perahu yang dipergunakan untuk menyeberangi sungai) dengan jarak tempuh + 5 menit.

   

Air Terjun KM 18

                                                    

Air Terjun km 18 merupakan salah satu objek wisata potensial yang dimiliki Kabupaten Bulungan, tepatnya berada di poros jalan Bulungan-Berau di Desa Jelarai Kecamatan Tanjung Selor. Air Terjun km 18 sangat unik dengan ketinggian 15 meter dari permukaan tanah serta dikelilingi hutan yang alami, susunan bebatuan yang unik dan tentunya air  terjun yang jernih sehingga menambah keindahannya. Mulai dari gerbang masuk wisata air terjun ini, kita juga diajak bertualang jalan kaki meyusuri hutan sampai ketitik lokasi air terjun.

Naik Apa? 

Transportasi yang bisa digunakan hanya transportasi darat,seperti mobil maupun motor. Jarak tempuh untuk menuju kelokasi Air Terjun km 18 dari kota Tanjung Selor kurang lebih 45 menit.

 

Batu Tumpuk

                                                        

Batu tumpuk merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi karena memiliki keunikan tersendiri. keunikan batu tumpuk ini karena batunya yang besar diatas dan kecil dibawah, semuanya ini terbentuk dengan alami. Batu tumpuk ini terletak di Desa Panca Agung Kecamatan Tanjung Palas Utara Kabupaten Bulungan. Hanya dengan ± 1 jam untuk menuju lokasi batu tumpuk ini dari Tanjung Selor dengan mneggunakan transportasi darat.

 

2. Wisata Bahari

Pantai Tanah Kuning II

Pantai Tanah Kuning II memiliki lebar + 75 m dan panjang  + 2 km, daerah wisata ini terletak dibagian selatan di Desa Tanah Kuning Kecamatan Tg. Palas Timur. Dengan hamparan pasir putih sepanjang pantai dan hembusan angin yang sejuk serta permainan ombak melengkapi keindahan yang ada di pantai ini. Pantai Tanah Kuning II ini memberikan kenyamanan saat berjemur atau pun sekedar bermain pasir bersama teman dan keluarga.

Naik apa?

Untuk menuju ke Pantai Tanah Kuning II ini dapat ditempuh menggunakan transportasi darat dan air. Jika menggunakan transportasi darat seperti mobil memerlukan waktu  + 2,5 jam sedangkan motor sekitar + 1,5 jam dari kota Tanjung Selor. Dan jika menggunakan transportasi air yaitu speedbood  40 pk memerlukan waktu + 1 jam.

 

 

Menginap dimana?

Tempat wisata Pantai Tanah Kuning II tidak seperti tempat wisata daerah lain yang terdapat banyak hotel maupun penginapan. Tetapi kami merekomendasikan salah satu penginapan yaitu penginapan Muddani (Jl. Tanah Kuning, â˜Å½ 0813 3199 8926, tarif kamar Rp. 125.000 – Rp. 135.000 ). Penginapan ini tidak jauh dari pantai + 1 km kita sudah bisa menikmati indahnya pantai Tanah Kuning. Penginapan Muddani memiliki 11 kamar yang mana dilengkapi AC/fan dan ruang tamu yang dilengkapi TV untuk  bersantai bersama teman dan keluarga.

 

 

Makannya dimana?

Di Pantai Tanah Kuning II terdapat beberapa tempat makan salah satunya Warung Muddani yang berada di sekitar penginapan Muddani. Warung makan Muddani menyediakan berbagai macam menu terutama ikan yang dapat memanjakan selera makan para pengunjung. Disekitaran warung ini terdapat juga kolam ikan dan beberapa saung tempat bersantai sekalian bisa tempat menikmati hidangan yang telah dipesan.

 

Pantai Nibung

Pantai Nibung adalah salah satu pantai yang ada di Pulau Bunyu yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini memiliki panjang ± 1,5 KM dengan hamparan pasir yang putih dan pohon-pohan kelapa. Selain tempat beristirahat(Gazebo), pantai ini juga memiliki arena balap kendaraan bermotor.

 

Karang Malingkit

 

Terumbu karang Malingkit berada dikecamatan Tanjung Palas Timur. Terumbu karang ini masih alami dan memiliki berbagaimacam jenis karang dan biota laut yang mempesona. Dengan melakukan Snorekling atau menyelam, wisatawan dapat menikmati keindahan dan pemandangan bawah laut dan terumbu karang dengan kedalam ± 2 meter dari permukaan laut.

 

Gusung Malingkit

Gusung merupakan endapan pasir ditengah laut membentuk sebuah daratan dengan pesona air yang jernih dan terumbu karang. Lokasi ini sangat cocok untuk wisat selam dan snorekling. Lokasi ini dapat ditempuh dengan waktu ± 15-20 menit dari Desa Tanah Kuning dan Mangkupadi dengan menggunakan Speed boat.

 

 

3. Wisata Budaya

Birau

 

Birau adalah pesta budaya masyarakat Bulungan yang dilaksanakan dua tahun sekali. birau merupakan pesta rakyat untuk memperingati hari jadi Kabupaten Bulungan dan dirangkai dengan hari jadi kota Tanjung Selor. pesta Birau ini biasa dilaksanakan dibulan Oktober dan berlangsung selama satu minggu. Motto Birau " Kadandiu Dandiu Lai Kadandiu Kadanding, Merudung Pebatun De Benuanta"

  

DESA WISATA METUN SAJAU

  

Desa Sajau merupakan desa yang terletak di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan. Akses menuju ke desa tersebut justru lebih dekat dari pusat kota Bulungan, Ibu kota Provinsi Kalimantan Utara. Desa Sajau memiliki potensi alam yang luar biasa. Tidak seperti umumnya banyak daerah di Kabupaten Bulungan mengalami persoalan keterbatasan sumber air bersih, air terjun, dan hutan adat sebagai potensi wisata alam, Desa Sajau mendapat pasokan air bersih setiap saat selama setahun. Pasokan air bersih tersebut berasal dari sumber mata air bawah tanah yang muncul ke permukaan. Air terjun yang berada di wilayah kerja pokdarwis Pelangi Mesa terdapat di dua tempat yaitu, Air Terjun Bumper dan Air Terjun Bidadari masing-masing memiliki daya tarik wisata yang menarik bagi wisatawan. Serta hutan adat Desa Sajau yang terjaga dengan baik sebagai tempat kehidupan beberapa jenis satwa yang dilindungi.

4. Wisata Sejarah

Museum Kesultanan Bulungan

Terletak dikecamatan Tanjung Palas,bentuk bangunan merupakan duplikat dari keraton kesultanan Bulungan. di museum ini terdapat benda peninggalan sejarah dari kesultanan yang pernah dipamerkan.

 

Masjid Tua Sultan Kasimuddin

Terletak dikecamatan Tanjung Palas berdekatan dengan Museum Kesultanan Bulunga. Masjid Tua ini dibangun pada Tahun 1929 pada masa KEsultanan Bulungan. Untuk menuju menuju masjid ini dapat ditempuh selama ±30 menit dari Tanjung Selor menggunakan transportasi darat dan ±5 menit dari Tanjung Selor menggunakan transportasi air berupa ketinting cas(Tambangan).

 

5. Wisata Religi

Komplek Makam Kesultanan Bulungan

Komplek makam kesultanan ini berada di belakang Masjid Sultan Kasimuddin. Semua sultan yang telah wafat di makam kan di komplek makam kesultanan ini,Pada nisan makam yang terdapat di kompleks ini memiliki inskripsi berhuruf arab yang ditulis dengan langgam Naskhi. Inskripsi tersebut berisikan mengenai hari dan tanggal meninggalnya. Komplek makam ini biasa dikunjungi pada hari-hari besar agama islam dan pada saat perayaan pesta rakyat Birau.

 

Makam Keramat Ahmad Magribi, Datu adil, Syaid Al-Idrus dan Syaid Abdullah Bilfaqih

Makam ini berada di Kecamatan Tanjung Palas Tengah dapat ditempuh dari  kota Tanjung Selor kurang lebih 30 menit dengan menggunakan transportasi air dan kurang lebih 1 jam menghgunakan transportasi darat. makam- makam ini juga sering dikunjungi oleh peziarah dari luar Kabupaten Bulungan.