INFO
  •  Selamat datang di Website Dinas Pemuda Olahraga dan pariwisata Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara 
  •  Terima kasih telah mengunjungi website kami 

2018, Digelar di 200 Kabupaten/Kota

Rabu, 8 Nopember 2017

PROKAL.COGALA Desa yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga 21 Oktober-6 November di Kabupaten Bulungan, khususnya di Tanjung Selor berlangsung sukses. Bahkan tahun depan, Kemenpora berencana menambah titik pelaksanaan Gala Desa di seluruh Indonesia menjadi 200 titik di kabupaten/kota.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi melalui Asisten Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Ary Moelyadi menjelaskan, Gala Desa merupakan program dari Kemenpora khususnya Deputi Bidang Olahraga.

“Gala Desa ini hanya satu dari dua even besar yang kami laksanakan tahun ini. Sebelumnya telah dilaksanakangoes nusantara yang diikuti 34 provinsi dan gala desa ini yang dilaksanakan 136 titik di 34 provinsi,” kata Ary kepada Radar Kaltara kala ditemui usai menghadiri acara penutupan Gala Desa yang digelar di Kantor Desa Bumi Rahayu, Kecamatan Tanjung Selor, Selasa (7/11).

Tahun ini, akui dia, seharusnya di Kaltara dilaksanakan di tiga titik. Selain di Bulungan juga dilaksanakan di Kabupaten Malinau dan Kota Tarakan.

“Tapi yang sudah siap hanya kepala desa di Bulungan,” sebutnya.

Meski begitu, untuk tahun depan Kemenpora akan tetap berkoordinasi  dengan dua kabupaten/kota tersebut.

Terlepas dari itu, kata dia, Gala Desa ini hanya melaksanakan enam cabang olahraga. Namun dari enam cabang olahraga tersebut, Kemenpora tak melihat prestasi tapi yang ingin dilihat antusias masyarakat dalam berolahraga, walaupun dengan kondisi seadanya.

 “Contoh bermain voli maupun sepak bola, tidak harus menggunakan kostum lengkap, tidak harus menggunakan lapangan standar, tetap bisa berolahraga, itu yang sangat kami apresiasi,” ujarnya.

Bila sudah terbiasa, sambung dia, ketika even yang sama dilaksanakan di tahun 2018 masyarakat sudah terbiasa.

 “Itulah intinya, untuk meningkatkan budaya olahraga masyarakat pedesaan, melalui kegiatan gala desa,” jelasnya.

Ary menambahkan, Kemenpora memiliki program di bidang olahraga, selain Gala Desa, Kemenpora juga menggelar kejuaraan sepak bola untuk usia 12 tahun, 14 tahun dan 16 tahun serta Liga Santri Nasional.

 “Untuk liga santri nasional saat ini sudah memasuki babak final di Bandung, Jawa Barat,” bebernya, seraya mengatakan, di tahun 2018 Indonesia juga ditapuk sebagai tuan rumah pelaksanakan Asian Para Games yang dipusatkan di Jakarta dan Palembang.

“Rencananya di gelar Agustus 2018,” sebutnya.

Yang tak kalah pentingnya, Presiden Joko Widodo akan menetapkan setiap 19 November sebagai Hari Bersepeda. Pencanangannya akan dilakukan di Kota Sragen, Jawa Tengah.

 “Jadi nanti di tanggal 19 November di seluruh Indonesia wajib menggunakan sepeda,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gala Desa 2017 ini diikuti enam desa yang ada di Kecamatan Tanjung Selor. Setiap desa mengirimlan satu wakilnya untuk bertanding di enam cabor, yakni sepak bola, bola voli, tenis meja, bulu tangkis, atletik dan takraw. (*/pij/ana)

Sumber : http://kaltara.prokal.co/read/news/15120-2018-digelar-di-200-kabupatenkota.html

 

 

 

 

 

 

Simpan sebagai :

Berita terkait :